Pages

Aplikasi Model Dakwah Rasulullah

C. Aplikasi Model Dakwah Rasulullah
Keempat model dakwah tersebut diaplikasikan oleh rasulullah dalam berbagai pendekatan, diantaranya yaitu:
  1. Pendekatan Personal
    Pendekatan dengan cara ini terjadi dengan cara individual yaitu antara Da’i dan mad’u lansung dalam bertatap muka sehingga materi yang disampaikan langsung diterima dan biasanya reaksi yang di timbulkan oleh mad’u akan langsung diketahui.
  2. Pendekatan Pendidikan
    Pada masa nabi, dakwah lewat pendidikan beriringan dengan masuknya Islam kepada para kalangan sahabat
    Begitu juga pada mas sekarang ini, kita dapat melihat pendekatan pendidikan teraplikasi dalam lembaga-lembaga pendidikan pesantren, yayasan yang bercorak Islam ataupun perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat materi-materi keIslaman.
  3. Pendekatan Diskusi
    Pendekatan diskusi pada masa sekarang sering dilakukan lewat berbagai diskusi keagamaan, Da’I berperan sebagai nara sumber, sedangkan mad’u berperan sebagai audience.
  4. Pendekatan Misa
    Maksud dari pendekatan misi adalah pengiriman tenaga para dai ke daerah daerah diluar tempat domisili.
    Kita dapat mencermati untuk masa ini, ada banyak organisasi yang bergerak di bidang da’wah yang mengirimkan dai mereka untuk di sebarluaskan kedaerah-daerah yang minim para dainya, dan di samping itu daerah yang menjadi tujuan adalah biasanya kurang memahami ajaran-ajaran Islam.
    Pendekatan-pendekatan di atas adalah sebagaian kecil dari seluruh pendekatan yang ada, dan semua itu bisa di jadikan acuan oleh para dai dalam melakukan kegiatan da’wahnya.