Pages

Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur'an (part 3)

Surat At-Taubah Ayat 122
Bahwa peserta didik yang berangkat ke suatu tempat yaitu bertujuan untuk mencari ilmu/jihad dijalan Allah dan mempelajari ilmu agama, maka sepulangnya dari tempat itu peserta didik harus mengamalkan ilmu tersebut kepada orang lain atau teman-teman dekatnya, guna mencari keridhan dan pahala dari Allah. Dan apabila melaksanakan kesemuanya itu maka Allah akan memudahkannya untuk jalan menuju syurga (sebagaimana hadits di atas).
Surat Asy-Syu'aro Ayat 214 :
Bahwa yang harus diutamakan dalam mendidik itu adalah kepada saudara dan keluarga. Pengertian keluarga disini seperti istri, anak, hamba sahaya dan amat yang wajib memiliki pendidikan, arahan dan bimbingan dari seorang pendidik.
Surat At-Tahrim Ayat 6 :
Anak adalah anugerah Allah yang harus dipenuhi kebutuhannya, dididik dan dibina dari sejak lahir baik dari segi jasmaninya ataupun rohaninya. Dari segi jasmaninya seperti makan, minum dan pakaian, kebutuhan akan kesempatan berkembang, bermain-main, berolahraga dan sebagainya. Selain dari pada itu anak juga mempunyai kebutuhan rohaniah seperti kebutuhan akan ilmu pengetahuan duniawi dan keagamaan, kebutuhan akan pengertian nilai-nilai kemasyarakatan, kesusilaan, kebutuhan akan kasih sayang dan lain-lain.

DAFTAR PUSTAKA
  • Al-Ustadz DR. Wahbah Ar-Rahili, At-Tafsir Al-Muniir (Fil'aqidah Wasyari'ah Walmanhaj), Beirut, Libanon : Darul Fikri Al-Ma'ashir, 1991 M/1411 H, Cet. 1, hal. 316.
  • Dra. Hj. Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam (IPI) Untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Bandung : Pustaka Setia, 1998, cet. 2.