Pages

BAB III PENUTUP

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
  • Latar belakang terjadinya Invasi Mongol, awalnya karena terjadi peristiwa Utrar tahun 1218 dengan terbunuhnya utusan Chinggis oleh Gubernur Khawarizm yang disertai pula oleh saudagar muslim. Peristiwa itu menyebabkan Mongol menyerbu wilayah Islam, dan dapat menaklukan Transoxania yang merupakan wilayah Khawarizm (1219-1220), padahal sebelumnya mereka itu justru hidup berdampingan secara damai satu sama lain.
  • Mongol memiliki Alyasak yang ditetapkan oleh Jengis Khan isinya mengatur kehidupan rakyatnya. Wanita mempunyai kewajiban yang sama dengan lelaki dalam kemiliteran. Setelah pasukan perangnya terorganisasi dengan baik , Jengis Khan berusaha memperluas wilayah kekuasaan. Serangan pertama diarahkan ke kerajaan Cina kemudian ke negeri-negeri Islam.
  • Banyak akibat yang ditimbulkan dari invasi Mongol, baik yang negatif maupun yang positif. Tetapi kebanyakan dampak yang negatif. Dampak negatif itu antara lain kehancuran kota-kota dan perpustakaan dan yang lebih fatal lagi hancurnya kota Baghdad yang merupakan pusat ilmu pengetahuan, menghancurkan suksesi beberapa rezim yang stabil dan berjatuhan dan campur tangan kalangan pastoralis Turki. Adapun dampak positifnya yaitu pada masa Ghazan khan, ia menjadikan agama Islam sebagai agama resmi negara.

Daftar Pustaka
Hassan, Ibrahim Hassan.Sejarah dan kebudayaan Islam. Kota Kembang Yogyakarta, 1968
Ira .M. Lapidus.Sejarah sosial Ummat Islam bagian kesatu dan dua. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada, 2000
Maryam, Siti.Sejarah Peradaban Islam dari masa ke masa kalisk hingga masa modern, Lesfi, Yogyakarta, 2001.
Mufrod, Ali.Islam di Kawasan Kebudayaan Arab. Jakarta:Grafindo.1997
Philip K. Hitti.Dunia Arab. Yogyakarta. Iqro, 1994
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000,