Pages

Dampak Invasi Mongol

C. Dampak Invasi Mongol
Serangkaian invasi Mongol benar benar telah menimbulkan kehancuran bagi peradaban muslim Iran. Invasi bangsa Mongol tersebut dilanjutkan dengan pembentukan sebuah konfederasi masyarakat Asia tengah dibawah kepemimpinan Jengis Khan. Sesuai dengan garis ketentan tuhan yang harus diyakini Mongol telah berjuang untuk menaklukan beberapa wilayah yang ternama dan merampas Sasia Timur , tengah dan beberapa wilayah gurun eropa timur dibawah pemerintahan mereka, hanya dalam beebrapa dekade bangsa mongol telah menguasai seluruh Eurasia dan eropa tengah sampai ke wilayah Fasifik. Imperium yang sangat luas ini dibagi-bagi menjadi diantara empat putra Jengis Khan, pembagian wilayah kepada empat putra tersebut dimaksudakan untuk memperkuat sistem administrasi, sebaliknya pembagian tersebut justru mendorong untuk terjadinya pertempuran untuk memperbutkan kekuasan diwlayah keturunan Jengis Khan sebagai sifat dari ambiguitas yang merekat dalam konsep kekuasaan bangsa Mongol.*5
Pengaruh utama bangsa mogol di Iran adalah sifatnya yang mendatangan malapetaka dan menimbulkan suatu bencana. Penduduk dari bebrapa kota dan kampung dimusnahkan secara sistematik.seluruh daerah menjadi tidak berpenduduik akibat dari diusuirnya para petani dari daerah tersebut dengan dibantu oleh gelombang pasukan nomad yang berasal dari Turki mereka mengusir para petani dari derah mereka sendiri. Rezim Mongol di Iran merupakan sebuah negara taklukan ia dibentuk dari pasukan tunggal yang besar yang terdiri dari aristokrasi militer kesukuan yang bersekutu dengan dinsti yang sedang berkuasa kelompok aristokrasi memandang bahwa mereka sebagai manusia istimewa dan berhak mendominasi dan memungut pajak pada rakyatnya .
Kontribusi bangsa mongol dalam menegakan kejayaan bangsa Iran yang paling brilian terbukti dengan berkembangnya seni lukis dan seni ilustrasi manuskrip. Tabriz menjadi pusat sekolah pada waktu itu. Meskipun Mongol dan Timuriyah mempertahankan sistem monarki Iran pemerintahan mereka memperlihatkan beberapa perubahan penting dalam dalam struktur masyarakat Iran. Invasi bangsa Mongol menampilkan perubahan demografis, ekonomi dan peruban politik mutakhir. Pada abad 12&13 sejumlah bangsa Mongol dan Turki bermukim dibagian barat laut Iran dan bagian timur Anatolia, dan sekitar abad 14 sejumlah besar penduduk Turki juga tersebar dibagian Timur iran dan wilayah Oxus.
Beberapa institusi politik yag baru saja tiba dari Asia Tengah. Tradisi politik bangsa Mongol dan bangsa Turki memperkaya warisan bangsa Iran dibidang institusi monarki dan hirarki dan organisasi komunitas Islam akibat invasi bangsa Mongol yang menghancurakan suksesi beberapa rezim yang tidak stabil dan berjatuhan , dan campur tangan kalangan pastoralis Turki juga merangsang tumbuhnya bentuk-bentuk baru organisasi sosio keagamaan ditengah masyarakat umum Iran.
Dampak negatif yang ditimbulkan oleh bangsa Mongol selain dari yang di atas, ternyata lebih banyak lagi daripada dampak positif yang ditimbulkan. Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu kehancuran yang tampak jelas dari wilayah timur hingga ke barat. Kehancuran kota-kota dengan bangunan-bangunan yang indah dan perpustakaan-perpustakaan yang mengoleksi banyak buku memperburuk umat Islam. Pembunuhan terhadap umat Islam yang tak berdosa. Yang lebih fatal lagi hancurnya Baghdad sebagai pusat dinasti Abbasiyah yang di dalamnya terdapat berbagai macam tempat belajar dengan fasilitas perpustakaan, hilang lenyap dibakar oleh Hulako Khan. Suatu kerugian besar bagi khazanah ilmu pengetahuan.
Adapula dampak positif dengan berkuasanya dinasti Mongol setelah para pemimpinnya memeluk agama Islam, yaitu seperti yang dilakukan oleh Ghazan Khan (1295-1304) yang menjadikan Islam sebagai agama resmi kerajaan, walau ia pada awalnya beragama Budha.*6
___________________
*5 Ira M Lapidus, Sejarah Sosial Umat Islam, Log 1x2 (Jakarta: Rajawali Pers,1997). Hal. 427-428.
*6 Ali Mufrod, Op.Cit. hal.133-134